Salah satu pulau besar yang ada di NTB (Nusa Tenggara Barat) adalah Pulau Lombok. Lombok dalam bahasa sasak bermakna lurus/(lomboq), sebauah nama yang disematkan sebagai deskripsi pola tingkah laku masyarakatnya yang taat pada aturan-aturan/norma-norma yang berlaku ditengah tengah masyarakat.

Lombok Mirah Sasak Adi adalah salah satu kutipan dari kita Negarakertagama, sebuah kitab yang memuat tentang kekuasaan dan pemerintahaan kerajaan Majapahit. Kata “Lombok” dalam bahasa kawi berarti lurus atau jujur, kata “mirah” berarti permata, kata “sasak” berarti kenyataan, dan kata “adi” artinya yang baik atau yang utama. Maka arti keseluruhannya yaitu kejujuran adalah permata kenyataan yang baik atau utama. Makna filosofi itulah mungkin yang selalu di idamkan leluhur penghuni tanah Lombok yang tercipta sebagai bentuk kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestariakan oleh anak cucunya (Sasak children). Dalam kitab – kitab lama, nama Lombok dijumpai disebut Lombok mirah dan Lombok adi . Beberapa lontar Lombok juga menyebut Lombok dengan gumi selaparang atau selapawis. (perjalanan cinta.com/sejarah lombok 2013)

Lombok (dengan penduduk pada tahun 1990 dengan jumalh 2.403.025) adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih bulat bentuknya dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Pulau ini luasnya adalah 4.725 km² (sedikit lebih kecil daripada Bali). Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Dengan keunikan yang ada di pulau ini, sungguh pulau ini merupakan surga bagi wisatawan. mengingat pulau ini sesungguhnya lebih Indah bentang alamnya daripada Pulau Bali. Seperti halnya Gunung Rinjani yang merupakan salah satu Gunung Tertinggi di Indonesia telah lama dikenal sebagai tempat pendakian yang eksotik, belum lagi pantai kute di Lombok Tengah dengan pasir putih yang menjulang bagaikan mutiara, ada juga pantai Pink di daerah Selatan Kabupaten Lombok Timur.

Tapi sayangnya keindahan bentang Alam Pulau Lombok belum mampu di maksimalkan menjadi destinasi wisata kelas dunia. Sebagi bukti dari data yang ada sepanjang tahun 2011 jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau Lombok dan Sumbawa serta pulau-pulau kecil (gili) lainnya mencapai 886.880 orang. (beritasatu.com/16 mei 2013)

Bila dibandingkan dengan Pulau Bali, jelas sekali perbedaan tingkat kunjungan wisata antara Pulau Lombok dan Bali. Dari data yang ada di Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) , wisatawan yang datang pada kurun waktu 2012 sudah melebihi jumlah penduduk Bali. “Dari data yang masuk, jumlah wisatawan ke Pulau Dewata telah mencapai 3,4 juta orang,” (okezone.com).

Dengan data diatas tentu saja bisa dilihat bahwa ada kesenjangan jumlah kunjungan wisatawan untuk NTB dalam hal ini Khsusnya Pulau Lombok dan Pulau Bali. walaupun memang harus di akui bahwa NTB baru beberapa tahun ini mempunyai Bandara internasional, sedangkan Bali sudah lama. Namun hal tersebut bukanlah menjadi permasalahan pokok terkait jumlah kunjungan wisatawan ke pulau lombok yang lebih sedikit daripada pulau Bali dengan berbagai bentang alam dan keindahan yang ada.

beberapa OBYEK WISATA TERINDAH DI PULAU LOMBOK

1. Pantai Senggigi, Lombok Barat

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

2. Batu Bolong,Lombok Barat

Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepadaikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.

 

3.Batu Layar,Lombok Barat

            Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat makam seorang ulama. Ini merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Batu Layar ramai di kunjungi pada saat ” Lebaran topat ” yang merupakan lebaran bagi orang yang berpuasa 1 minggu setelah lebaran Idul Fitri.

4. Gili Trawangan,Gili Meno dan Gili Air

            Pulau Gili merupakan salah satu pulau terindah yang terletak di lepas barat laut Pulau Lombok, terdapat tiga Pulau Gili, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ketiga Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pantainya yang yang putih bersih dan airnya yang sangat jernih. Kawasan di sekitar tiga Pulau ini dikenal memiliki taman laut yang sangat indah yang menjadi habitat aneka ikan yang indah berwarna-warni.

 

            Kawasan Tiga Gili yang letaknya di Desa Gili Indah, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Barat-NTB. Gili merupakan pulau-pulau kecil nan indah yang banyak dijumpai di Lombok Barat. Dari sekian pulau yang ada di Lombok Barat, sampai saat ini baru tiga pulau (gili) yang ramai dikunjungi oleh wisatawa.

5. Pantai Kuta Selatan Pulau Lombok

            Pantai kuta Lombok adalah sebuah pantai yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa, pantai yang berpasir putih dihiasi dengan birunya air dengan gradasi hijau  di karenakan habitat bawah lautnya masih sangat terjaga kelestariannya Ombak yang lumayan besar juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu surga bagi para pecinta surfing baik itu para surfer lokal ataupun Non Lokal.

6.Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok

            Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya dgn Danau Segara Anaknya

7. Gili Nanggu,Lombok Barat

            Gili Nanggu adalah pulau kecil yang terletak di Lombok Selatan, sekitar 20 menit dari Pelabuhan Lembar dan 15 menit menyeberang dengan perahu motor dari Tawun. Di pulau kecil berterumbu karang dangkal ini tersedia penginapan yang katanya milik perorangan. Pantainya jernih kehijauan. 5 meter dari pantai sudah bisa menikmati terumbu karang dengan ikan hias berwarna-warni berlalu-lalang.

 

8. Pantai Sekotong,Lomb

            Pantai Sekotong adalah salah satu obyek wisata yang terkenal di Pulau Lombok. Pantai ini terletak di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Kecamatan Sekotong.  Jika diukur dari Kota Mataram, Pantai Sekotong ini berjarak sekitar 60 kilometer. Untuk menuju Pantai Sekotong, dapat ditempuh dengan angkutan umum sejenis minibus sekitar 1,5-2 jam. Selain melalui Mataram, bisa juga dicapai melalui Pelabuhan Nusa Penida. Dengan perahu sewaan, perjalanan Nusa Penida-Sekotong bisa ditempuh dalam waktu tiga jam.Pantai ini dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang melingkar tak jauh dari pinggir pantai. Lautnya berair biru dan pantainya berpasir putih. Pantai Sekotong ini masih asli, bebas polusi dan belum banyak dijamah manusia. Namun demikian kini mulai dibangun sarana akomodasi seperti hotel dan penginapan.

9. Taman Narmada,Lombok Barat

            Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Taman yang luasnya sekitar 2 ha ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (Oktober-November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.

 

            Nama Narmada diambil dari Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang sangat suci di India. Bagi umat Hindu, air merupakan suatu unsur suci yang memberi kehidupan kepada semua makhluk di dunia ini. Air yang memancar dari dalam tanah (mata air) diasosiasikan dengan tirta amerta (air keabadian) yang memancar dari Kensi Sweta Kamandalu. Dahulu kemungkinan nama Narmada digunakan untuk menamai nama mata air yang membentuk beberapa kolam dan sebuah sungai di tempat tersebut. Lama-kelamaan digunakan untuk menyebut pura dan keseluruhan kompleks Taman Narmada.

 

10. Air Terjun Sendang Gile,Lombok Tengah.

            Namanya memang Air  Terjun Sendang Gila, namun masyarakat menyebutnya dengan air Terjun Sendang Gile. Konon, air terjun ini tidak sengaja ditemukan oleh warga yang sedang memburu singa gila yang mengacau sebuah kampung dan kemudian masuk ke dalam hutan.

Untuk menuju lokasinya, ada dua jalur alternative kalau dari Kota Mataram, yaitu jalur Pusuk dan Jalur Senggigi. Kalau melalui jalur Pusuk, suasana yang disuguhkan dalam perjalanan menuju ke lokasi sangat mengagumkan.

            Biasanya para wisatawan yang melalui jalur ini, berhenti sejenak untuk memberi makanan pada gerombolan monyet yang sedang berkeliaran. Suasana yang sejuk khas pegunungan dan hutan lebat yang mengelilingi, ketika sampai di Pusuk, kita bisa melihat banyak monyet yang sudah jinak berkeliaran.

            Sedangkan suasana yang ditawarkan, cukup mampu untuk membuat para pengunjungnya rileks dan merasa damai. Apalagi bagi wisatawan yang ingin menghindari kesibukan dari segala aktifitas. Sedangkan untuk jalur Seinggigi, kita akan melihat indahnya pantai dan gugusan tiga Pulau Gili. Kedua jalur tersebut akan bertemudi desa pamenang, kemudian perjalan dilanjutkan dengan melewati beberapa desa termasuk pusat pemerintahan Tanjung. Konon, menurut kepercayaan penduduk setempat, air yang ada di lokasi ini memiliki unsur magis. Airnya dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usia yang sebenarnya. Sentuhan alamnya tergolong masih jauh dari nuansa perkotaan, panorama asri dan cukup menawan. Serta udaranya yang segar, sejenak mampu untuk melupakan segala kepenatan yang terjadi ramainya kota.

 

BEBERAPA OBYEK WISATA DI PULAU BALI

 

 Pantai Kuta.

Pantai Kuta merupakan salah satu pantai terbaik di Bali.Pantai Kuta juga tempat dimana bnyak seklali wisatawan berkunjung disana.Pantai Kuta kini sudah mendunia , karena keindahan pantainya , gelombang laut yang pas untuk bermain selancar. Pantai ini merupakan tempat favorit wisatawan.

2. Pasar  Sukowati Bali

Pasar Sukowati . Pasar yang menjadi salah satu tujuan belanja bagi wisatawan. Selain beragama barang yang dijual banyak barang barang yang bisa ditawar.Pasar ini juga sudah terkenal di Bali.

3.Tanah Lot.

Tanah lot . Salah satu objek wisata tang berada di pulau Bali. Tanah lot juga Merupakan salah satu tempat menarik untuk di kunjungi.Mnariknya kadang jalan menuju pura Tanah Lot itu terendam air.Dan kadang jalan menuju Pura tidak terendam air.lihat gambar..di tanah lot juga ada tempat di mana ada Ular Suci.Jika mau masuk hanya bayar sukarela.Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.

4.Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul.Namanya saja Kebun pasti di fikiran kita objek wisata yang hijau. Kebun Raya Bedugul memang sangat menyejukkan mata.Meskipun tidak seterkenal Pantai Kuta , Kebun ini juga perlu di kunjungi,karena melihat keindahan kebun ini sangat mnyenangkan.Apalagi objek wisata ini cocok untuk para anak kecil , bisa buat main bola.Wisata ini sangat sejuk.Bedugul merupakan suatu kawasan Pariwisata yang terletak pada ketinggian + 1240 m dari permukaan laut.Kalo kesini jangan lupa bawa camera.Karena kalian bisa berfoto-foto dengan pemndngan yang indah.

5.Danau Bedugul

Danau Bedugul.Danau ini tidak terlalu jauh dari danau bedugul.Danau ini mepunyai 2 pura ditengahnya.objek wisata ini juga cocok untuk berjalan bersama keluarga.

6.Tanjung Benoa

Tanjung Benoa.mempunyai pantai yg landai,berpasir putih dan mempunyai ombak yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.Di objek wisata ini banyak permainan yang disuguhkan disan antara lain: Flying fish,Banana Boat,Pulau Penyu,Parasiling,mengendarai Jetski.Dan yang ingin naik jetski akan didampingi oleh instrukturnya..Jangan khawaatir,berpariwisata kesana tidak akan rugi.

7.Alas Kedaton

Obyek wisata Alas Kedaton terletak di Desa kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, kurang lebih 40 menit dari Kuta dengan kendaraan bermotor mengikuti jalan raya Denpasar – Bedugul, sampai di Desa Denkayu Mengwi belok ke kiri kurang lebih 5 km.

Bila dilihat dari segi  jenis obyek wisata yang ditawarkan antara Bali dan Lombok , sesungguhnya jenis byek wisata yang ditawarkan hampir sama. Lalu dimana letak permasalahan kenapa obyek wisata/wisata pulau Lombok kurang di gemari..? sehingga Kunjungan Wisatawannya-pun masih sangat minim.  Berdasarkan pengamatan saya ada beberapa masalah yang menjadi kendala pembangunan Wisata di Lombok, antara lain:

  1. Infrastruktur  jalan menuju tempat wisata yang masih buruk, dengan tingkat kerusakan jalan yang sangat tinggi.
  2. Kurangnya keamanan
  3. Fasilitas Pariwisata yang masih minim, seperti halnya hotel/penginapan yang berkelas.
  4. Kurangnya kepedulian pemerintah dalam mengelola secara serius obyek-obyek pariwisata yang tergolong potensial. Seperti misalnya pantai Pink, Pantai Kuta. Dll
  5. Promosi Pariwisata masih bersifat pada pengenalan obyek wisata dan belum berorientasi pada pemberian pelayanan dan kepuasan wisatawan.
  6. Pemerintah daerah tidak memiliki Roadmap yang jelas dalam membangun daerah wisatawan, sehingga pembangunan daerah wisata sangat tergantung pada pihak swasta. Kalau tidak ada pihak swasta pemerintah tidak mau membangun. Artinya terlalu meliberalkan obyek wisata , yang seharusnya dikelola bersama dengan masyarakat.
  7. Sinergitas antara Pemerintah daerah Provinsi dan Pemerintah daerah  Kabupaten belum memiliki persamaan dalam membangun dunia Pariwisata yang ada di Pulau Lombok.

Oleh karena itu , dalam hal ini yang paling bertanggun jawab untuk memajukan pariwisata di Pulau Lombok adalah Pemerintah Daerah. Karena berdasarkan UU 32 / 2004, pengelolaan daerah yang sesuai dengan nilai budaya dan potensi local diberikan kewenangannya kepada Pemerintah Daerah untuk mengembangkannya. Maka dari itu untuk membuat dunia pariwisata Lombok menjadi salah satu destinasi wisata dunia seyogyanya pemerintah daerah mampu menyelesaikan beberapa permasalahan dalam pembangunan dunia pariwisata tersebut.