Hari itu pagi sekitar pukul 09.00 di belakang kampus fakultas hukum Unram. Angin sepoi sepoi melambai datang menghampiri kami berdua. Kulangkahkan kaki menuju tempat duduk bundar yang ada di ujung gedung sudut kampus kami. Gedung yang kini menjadi pusat peradaban pencipta generasi rabbani. Dulu gedung itu warnanya kusam, seperti tidak pernah dirawat dan terkesan agak kumuh. Kini cat dasar hijau menghiasi warna gedung tersebut.

            Temanku yang baru kukeal sekitar 1 jm yang lalu itupun mengikuti langkahku dari belakang, dan memanggilku….fi..fi..fi.., dafi.. mau kemana…? Tanya dia. Aku mau ke Musolla…, jawabku singkat. Ya.. itulah gedung kusam yang kumaksud, Musolla kebanggaan kami di fakkultas hukum Unram. Teman ku itupun mengatakan…”tunggu……,aku ikut..” sekejap dia sudah sampai di belakngku dan menepuk pundakku. Larinya sangat kencang ternyata.., sahutu dalam hati. Si keribo ini… lebih tinggi dariku…, tubuhnya bagaikan pemain Tottenham Houtspour yang tinggi itu , aku menyamakan dia dengan pemain sepak bola yang bernama Mousa Demble. Nama temmanku itu adalah Sahdan.

            Kami berdua kemudian sejenak melangkahkan kaki ke Musolla kampus. Hanya iseng saja.. tanpa tujuan yang jelas. Sambil berjalan kamipun mengobrol…

“fi kenapa kamu ke Musolla kampus..?” Tanya dia smbil jalan.. “ah..gak ada iseng aja.., mungkin disana ada kakak tingket yang bisa bantu kita nanti untuk mempermudah kuliah dan dapat beasiswa di kampus. Jawabku…”

“kalau kamu Dan…kenapa mau ikut sama aku..?” tanyaku sambil melihat raut wajahnya yang ter engah engah habis lari kencang mengejarku..”mau daftar di UKKI Tasammuh.., jawabnya…”

“oh… apa itu UKKI tasammuh…? Tanyaku…”sambil melihat dia.., dan satu langkah lagi kami sudah sampai di Musolla kampus.. saya lihat di atas pintu Musolla tertulis “MUSOLLA AL-QO’IDAH FAKULTAS HUKUM UNRAM”.  Wah ini musolla teroris sahutku dalam hati.. saat tu Sahdanpun menjawab pertanyaanku”UKKI Tasammuh itu organisasi intra kampus. Yang berisis mahsiswa mahasiswa cerdas..”. loh kok kamu tahu.. tanyaku. Diapun menjawab, aku tau dari kakat tingkatku di SMA dulu, namanya Kak Rusdianto.., dia adalah ketua UKKI Tasammuh 2008, yang lulus dengan Predikat Cum Laude dan memiliki IPK 4,00… sekarang dia sedang lanjutkan S2 di Universitas Airlangga Surabaya..

            Dalam hati aku berkata “ini adalah organisasi yang pas untuk ku masuki”. Sampai di dalam Musollah kamipun bertemu degan kak Andi Farhan. Dia adalah ketua UKKI Tasammuh 2009, orangnya juga cerdas dan supel plus baik hati. Kami berdua langsung mengatakan kepada kak Andi farhan bahwa kami ingin masuk UKKI Tasammuh. Beliau langsung mengiakan dan tanpa ada syarat apapun. Kami ngobrol banyak tentang suasana kampus, perkuliahan, beasiswa dan lain hal. Maklum kami baru satu hari massuk kuliah. Tentunya sebagai Maba kami masih butuh bimbingan.

            Di fakultas Hukum anggota UKKI Tasammuh terkenal menjadi mahasiswa mahasiwa yang cerdas dan teladan waktu itu, bahkan sampai di segani oleh dosen dosen. Aku ikut program mentoring sekaligus juga sebgai panitia SG MENTORING Fakultas. Kak andi farhan mengatakan kalian berdua adalah MABA yang cerdas, karena tanpa kami panggil kalian sudah datang mendaftarkan diri. Beliau mengataka bahwa di organisasi ini siapapun boleh ikut tiddak pedui dia bekas berandalan atau anak pondok pesantren, dia cerdas ataukah bodoh, yang penting dia mau masuk ke UKKI Tasammuh maka kami akan rubah dia dengan izin Allah menjadi orang orang erdas yang berguna bagi agama, nusa , bangsa dan Negara ini.

            Kak Andi orangnya ramah, sebagaimana anggota (ikhwah) Tasamuh yang lain. Satu hal yang paling saya kagumi dari organisasi ini adalah kekompokan dalam membangun ukhuwah (persaudaraan) sehingga walaupun anggotanya sedikit namun ternyata mampu surfive dan bahkan bertahan serta selalu mencetak kader kader yang militant. Hal ini saya dapatkan informasi dari arsip sejarah yang saya temukan di lemari Musollah pada saat membersihkan Musolla .

            Hampir 5 bulan sudah saya ikut di organisasi dakwah ini (sebutan bagi UKKI Tasammuh, LDK dll) saat itu saya merasa dekat sekali dengan anggota yang lain. Terbangun ukhuwah islamiyah yang sangat luar biasa. Selalu dalam setiap Syuro (rapat) yang dilakukan di lantunkan surat As-shof dari ayat 1-5. Setelah itu kak andi menyampaikan makna daripada surat tersebut. Yang paling ditekankannya pada kami selaku anggota baru adalah  tentang arti dari ayat ke-2,3 dan ke-4 yaitu“wahai orang – orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tiak kamu kerjakan itu sangatlah dibenci oleh Allah jika kamu mengatakan apa apa yang tiak kamu kerjakan. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di Jalan-Nya dalam suatu barisan yang teratur, mereka seakan akan seperti sauatu bangunan yang tersusun kokoh.”

            Beliau selalu mengatakan ayat ini adalah kunci kemenangan dakwah kampus. Nasehat demi nasehat selalu keluar dari bibir manisnya ketika Syora terkait dengan harapannya untuk dakwah kampus dimasa yang akan datang. Ini adalah nasehat bagi antum/na generasi penerus dakwah kampus, kata beliau waktu itu. Beberapa hal yang menjadi keinginan dan nasehatnya untuk kami dan untuk dakwah kampus adalah sbb:

a. selalu menjaga ukhuwah islamiyah

b menjaga pandangan (ghodul bashor) baik bagi yang ikhwan maupun yang akhwat

c. tidak melakukan syuro berdua antara ikhwa dan akhwat ( ihtilat), karena yang ketiga adalah setan.

d. menjaga etika bergaul sesama ikhwah, rutinkan sholat sunnah, puasa sunnah, dan sholat wajib berjamaah, serta kalau bisa tilawah 1 jus perhari.

e. jadilah aktivis dakwah yang cerdas dalam hati,dan fikiran. Memiliki kontribusi nyata dalam dakwah baik masyrakat kampus, maupun masyarakat umum.

f. tidak membedakan antara lini siyasi,da’awi dan fani.

g. mewujudkan kampus yang madani baik di FH, maupun di Unram secara Umum

Itulah sekelumit mimpi kak Andi farhan bagi dakwah kampus. Yang kini juga menjadi mimpiku di saat aku sudah mengninjak semester VII, yang belum secara sempura aku bisa wujudkan untuk kemajuan dakwah ini. Saya selalu berdo’a supaya sebelum saya wisuda mimpi ini bisa saya wujudkan bersama dengan ikhwah yang lain baik di UKKI TASAMMUH,KAMMI,LDK,BEM,DPM, dan yang lainnnya.

 

 

 

 

 

Nama ; AHMAD RIZAL KHADAPI

FAKULTAS HUKUM UNRAM

SEMESTER VII.